DORAEMON

ini first posting saya cerita soal doraemon, kenapa pingin cerita soal doraemon??? soalnya ini adalah kartun favorit saya selain tazmania tentunya…hihihihii yaaaahh seperti yang saya bilang kalo blog ini hanya akan berisi tentang semua yang saya suka dan semua yang pingin saya share🙂 jujur aja doraemon adalah film kartun pertama yang saya tonton di tv, waktu kenal doraemon itu mungkin kira-kira umur saya 6 tahunan lah…tahun 90-an kalo saya ga salah! hehehehee

3 alasan kenapa saya suka doraemon :

  1. karena dia kucing dalam bentuk kartun (kalo dalam bentuk nyata saya ga suka)
  2. karena dia berwarna biru (warna favorit saya)
  3. karena dia teman yang paling setia buat nobita (tipe teman ideal)

sebenernya tiba-tiba pingin share soal doraemon gara-gara beberapa waktu yang lalu temen saya sempat cerita soal kalo doraemon meninggal! hahahhaaa sedih sih dengernya, akhirnya saya searching sana-sini…tapi sebelum posting soal itu saya mau share all about doraemon dulu deeeeehh! hihihihii

kan siapa tau belum kenal banget siapa,apa dan bagaimana asal-usul doraemon sebenernya! tulisan ini berhasil saya ambil dari om wikipedia, yang benar-benar sangat membantu saya! baca yuuuuuukkk….

Doraemon (ドラえもん) adalah judul sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk meminta bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya “baling-baling bambu” dan “Pintu ke Mana Saja”. Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

Sejarah

Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit berkesinambungan dalam 6 judul majalah bulanan anak. Majalah-majalah tersebut adalah majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD), dan sejak 1973 majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Sebagai tambahan, pada tahun 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 volume aslinya.

Setting

Doraemon dikirim kembali ke masa Nobita hidup oleh cicit Nobita, Sewashi, untuk memperbaiki kehidupan Nobita agar keturunannya merasakan kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan aslinya (tanpa dibantu Doraemon), Nobita gagal dalam pelajaran sekolahnya, gagal dalam karir, dan meninggalkan keluarganya dengan masalah finansial.

Cerita terfokus tentang kehidupan sehari-hari Nobita, tokoh utama cerita ini. Doraemon memiliki sebuah kantung 4 dimensi yang ia isi dengan benda-benda dari masa depan. Seringkali Nobita datang merengek-rengek karena masalah di sekolah atau di lingkungannya, setelah memohon atau memaksa, Doraemon akan mengeluarkan sebuah alat yang membantu Nobita menyelesaikan masalah, membalas dendam, atau hanya sekedar pamer ke teman-temannya.

Bagaimanapun, Nobita biasanya bertindak terlalu jauh, mengacuhkan saran atau perintah Doraemon, dan mengakibatkannya terjerumus ke masalah yang lebih dalam. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Giant) mencuri alat tersebut dan berakhir dalam kekacauan karena salah menggunakannya.

Sinopsis

Kehidupan awal Doraemon tidak begitu baik. Ia adalah sebuah robot gagal yang dilelang kepada sebuah keluarga miskin yang terlilit utang, yang tak lain adalah keluarga keturunan Nobi Nobita. Doraemon pernah menjalani masa-masa berat: Ia hanya menjadi penjaga bayi setelah gagal melewati ujian di akademi robot, kedua telinganya hancur setelah digigit robot tikus, catnya luntur akibat ulahnya sendiri, dan masih banyak kisah sedih yang ia lalui di tahun pertama kelahirannya. Sampai suatu ketika, keluarganya mengirimkan ia kembali ke masa lalu, kira-kira 250 tahun yang lalu, zaman dimana Nobita Nobi, leluhur keluarga ini, masih hidup di Tokyo.

Misi Doraemon adalah untuk menolong Nobi Nobita (buyut dari Sewashi yang memiliki Doraemon). Nobita adalah seorang anak yang selalu mengalami nasib sial dan tak punya kemampuan apa-apa. Ia bodoh dalam pelajaran sekolah dan tidak bisa berolahraga, Nobita hanya berbakat dalam tembak-menembak,bermain karet, dan tidur; kemampuan yang hampir tak berguna di zaman Jepang modern. Inilah alasan mengapa ia gagal menjalani kehidupannya. Dan Doraemon dikirim dari masa depan untuk menjadikannya seorang pria yang sukses. Sangat ironis, sebuah robot gagal datang membantu seorang anak yang gagal. Tetapi pada kenyataannya, persahabatan kedua anak ini membuat mereka menjadi seseorang yang lebih baik.

Doraemon tiba di tahun 1969, pada hari Tahun Baru Jepang. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita, misinya adalah untuk mencegah Nobita menjadi orang gagal. Setiap kali Nobita tertimpa masalah, Doraemon akan segera membantu dengan alat-alat ajaibnya.

Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada ketika Sewashi mengirim Doraemon dulu; bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang “tidak gagal”, Dorami.

Diceritakan dalam manga dan anime, Doraemon dan Nobita saling bekerja sama untuk memperbaiki kehidupan mereka masing-masing. Mereka saling bekerja sama dan tolong-menolong. Banyak juga cerita yang menampilkan kisah keberanian dan kegigihan mereka untuk mempertahankan persahabatan yang sudah mereka jalin.

SOURCE : WIKIPEDIA

>>> jujur aja setelah baca ini semua saya jadi lebih tau secara mendalam soal doraemon! heheheehe ternyata sebenernya doraemon itu dikirim sama cicitnya nobita buat membantu nobita biar punya masa depan yang bagus! huuuuuuaaaaaaaa…seandainya doraemon beneran ada -_____- eh sebenernya masih banyak loh cerita soal doraemon yang selama ini kita ga tau, perjalanan lahirnya doraemon, karakter masih-masing tokoh di doraemon ini. dari kecil sih saya suka koleksi komiknya, jadi setiap libur sekolah papa saya pasti selalu ngajakin ke gramedia tuh…terus kita dibebasin mau beli buku atau komik apapun yang kita suka, jadi saya sama adik-adik saya suka banget baca doraemon! tapi sayangnya itu komik-komiknya ga tau lagi keberadaannya dimana😦

btw ini baru first posting saya soal doraemon, buat pemanasan doang! abis ini bakal ada 2nd, 3th dan seterusnya! hihiihihihii tungguin yaaaaaahhh postingan selanjutnya!😀

27 thoughts on “DORAEMON

  1. huaaaaaaa onnie.. onnie tnyata suka doraemon? aq juga suka.. *jd malu*
    komik aq d rumah smuanya doraemon..😀
    critanya ga pernah bikin bosen..
    jadi numpang ngoceh kan.. maapkanlah saya yg kulang ajal ini..
    uda hobi dari sjak lahir..
    *sujud2*

  2. samaaa gk suka kucing tp suka doraemon !!
    Dulu ntn doraemon hri mnggu smbil mkan bubur ayam .. hahahaha
    komik msh ada, tp ada bbrapa yg ilang >.<

    doraemoon pnjem pntu kmana ajaa.. mau ktmu kyuu ! *cri grtisan* haha

    • kekekekeekkk~
      beneeeeeeeeeerrr…ntn doraemon smbl sarapan trs ngayal2 pnya tmn kyk doraemon!😀

      huuuuuuaaaaaa….ayooooo kita pnjm pntu kmn sj,
      br nympe lgsg k dlm kmr kyuuuuu😛

  3. @cica : aduduh .. ni anak kbnyakan nghayal .. hahaha *gak nyadar**dtndang ke kamar kyu* hahaha

    @anin : aku jg suka conan >.<

    • iyaaaaaa udah liat kok,
      sediiiiiihh bgt😦
      apa lg waktu nobita ngmg sendiri flashback waktu dya pertama kali ketemu doraemon!
      huhuhuhuuhuu

      btw makasih udah mampir… 🙂

  4. Tumben postingan chit2 waras….. hahaha *dateng2 dah ngajak ribuut* *ngumpet di badan KyuNyuk*
    Woaaaaahhhhh… sama banget aq suka doraemon tp gak suka kucing.. kekekeke~
    tu anime sudah menemaniku 16 tahun lebih…. *mendadak lebayy*
    tapi.. tapi.. aq baru tau sejarahnya sekarang ini… *fail* thx dah sharing chit chit cuit…😀

    • capek jg rae jd org sarap trs2an,
      aq mw pensiun jd org sarap aaahh *boong bgt*
      kekekekkekk~

      ho’oh dr jaman aq msh suka ingusan smp skrg aq udh jd bini kyu ttp aja doraemon msh ada!
      wuakakkakakkakk
      siiiiiipp! sm2 dear🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s